Mari-Mari, Kita Coba yang Baru Bersama Made

Setiap orang yang hobi pelesirke Pulau Bali pasti sudahakrab dengan Warung Made.Warung yang sudah berdiri sejaktahun 1969 ini memang sudahmelegenda. Kurang afdol rasanyakalau tidak berkunjungke warung ini.
Begitu Anda melangkahkankaki ke WarungMade, suasana khas Balibegitu kental. Kursinyaterbuat dari kayu yangusianya sudah cukup tua.Pada dinding warung tergantungfoto-foto sang pemilikdan lukisan khas Bali.

Yang paling khas adalah sarunghitam putih bak papan catur danwarna emas yang melingkarikayu-kayu penyangga. Pilihantempatnya juga fleksibel. Andabisa makan di bawah, bisa juga dilantai atas. Dari atas, Anda bisapuas menyapukan mata ke seluruhwarung.

Kendati sudah berdiri selama37 tahun, namun para konsumentak pernah bosan dengan menukhasnya. Maklum, selain menyediakankudapan khas Bali, warungini juga menyediakan berbagaimenu makanan internasional.

Walhasil, warung ini nyaris takpernah sepi pembeli. Bukan hanyapelancong lokal, turis mancanegarapun kerap datang ke sini.W a -rung Madememang menyediakan menu makananyang tidak dimiliki olehwarung maupun restoran lain diBali. Tipat tjantok, misalnya. Makananyang mirip ketoprak betawiini resepnya sudah dimiliki WarungMade sejak tahun 1950.

Selain tipat tjantok, ada beberapamenu yang menjadi andalan.Salah satunya adalah nasi campurspesial ala Made. Menu yang dihidangkandi atas piring lebar initerdiri dari nasi dan berbagai lauk-pauk. Sebut saja tempe goreng,tuna, udang, tempe kuah santan,rendang, ayam kari, urap mentimun,ayam kelapa parut, bayam,sayur asam,dan serundeng.Hidangan ini juga dilengkapidengan sambal matahsegar khas Bali. “Sambalnya daricabe, bawang merah, bawang putih,dan garam yang ditumbukmenjadi satu dan langsung dihidangkanseketika,” ujar Wayan,salah satu pengelola WarungMade

Untuk bisa mencicipi nasi campurini, konsumen hanya perlumerogoh kocek sebesar Rp 45.000.Selain itu, masih banyak lagi menutradisional Indonesia lain, sepertigado-gado, sate ayam, sate sapi,lumpia, mi kuah, bubur dan rujak.Rata-rata setiap menunya dibanderoldengan harga Rp 30.000 seporsi.

Warung Made juga menyediakanragam menu vegetarian bagipelanggannya yang tidak menyukaidaging. Sebut saja, nasi campurvegetarian bisa disantap denganharga 25.000. Ada pulalumpia sayur seharga Rp 20.000.

Pesan tempat dulu pada saat akhir pekan

Bagi Anda yang tidak menyukaimasakan ala Bali, di Warung Madeini Anda bisa mengorder nasi gorengspesial ala Made. Menu yangsatu ini dilengkapi dengan irisandaging sapi, ayam goreng, telur,dan ekstra salad. Harganya puncukup terjangkau, hanya Rp40.000 per porsi.

Warung Made juga menyediakanbeberapa menu makanancampur. Salah satunya adalah setengahnasi goreng dan setengahgado-gado dengan harga Rp35.000. Oh, ya, Warung Made menyuguhkanpula olahan bebek lokalkhas Bali.

Bagi Anda yang sudah jenuhdengan makanan asli Indonesia,Warung Made menghidangkanpuluhan menu internasional alaEropa dan Asia. Untuk appetizer,tersedia crab avocado, creamcheese and bagel, dan smokedmarlin.

Untuk menu utama ada supersteak dan spare ribs yang jugamenjadi salah satu menu andalan.Sedangkan untuk dessert dihidangkanbrownies, coklat banana,cream caramel, black forrest,cheese cake, pancake, bananasplit, sandwich, salad, dan eskrim ala Made.

Adapun untuk minuman, warungini menyediakan berbagaipilihan. Mulai dari jus melon,mangga, alpukat, pisang, milkshakes, coktails, yoghurt, hinggawine pun tersedia. Untuk jus harganyaRp 20.000 segelas.

Warung Made dibuka mulai pukul8 pagi hingga pukul 24.00 setiaphari. Kendati terdapat 100buah kursi di warungnya, namunjika Anda ingin berkunjung saatakhir pekan, sebaiknya Anda melakukanpemesanan tempat terlebihdahulu. Maklum, tempat inimemang benar-benar ngetop.

Ini kalau Anda emoh mengantreterlalu lama. Maklumlah, tiap hariWarung Made melayani ratusanorang pembeli.

Bagaimana, Anda mau beli makanandi “Beli” Made? Banyak pilihan,ramai, terserah Anda. .

+++++
Banyak yang Serupa, tapi Tidak Sama

Warung Made merupakan salahsatu tempat makan tradisionalyang tertua di Kuta, Bali.Kedai yang jaraknya hanya sekitar300 meter dari pantai ini adalahmilik Ni Made Masih dan suaminya,Peter Steenbergen, dari Belanda.

Mulanya, Warung Made hanyalahsebuah warung kecil yangmenjual makanan khas Bali, yaknitipa tjantok. Sebelum dipegang NiMade, pengelola warung ini adalahI Wayan Madri dan Ni NengahRoti, yang tak lain adalah orangtuaNi Made sendiri.

Sejak kecil, Ni Made selalumembantu orangtuanya berjualantipat tjantok sambil sekolah. Namun,waktu itu, lantaran biaya sekolahmahal, orangtua Ni Madetak sanggup lagi membiayainya.Maka, dia harus rela hanya mengenyamkursi sekolah dasar.

Ni Made lantas meneruskanusaha warung kedua orangtuanya.Lantaran berada dekat pantai,sambil menunggu ombak yangpas, para peselancar menyantapmakanan di Warung Made.

Kini, Warung Made memilikidua cabang. Yakni, di Kuta dan diSeminyak.

Namun, seiring dengan ketenaranWarung Made, banyak warungdi Bali yang berusaha mengekor.Misalnya, dengan membuat tampilanyang mirip Warung Made asli.

Kalau sudah begini, Anda jangansampai tertipu. Sebab, WarungMade punya logo khusus,dan tentu saja rasa makanannyajuga berbeda.

Jadi, kapan Anda ke Bali lalumampir ke Warung Made? .
Warung Made
Pande Mas Kuta (0361) 755297
Jalan Raya Seminyak,
(0361) 732130
 
Print

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s