Menyantap Kerapu Mantap di Dapur Sedap

Amatlah gampang berburu masakan seafood, Chinese food atau kuring di seantero Jabodetabek. Mulai dari tenda kakilima, kedai, atau restoran mahal berlomba memancing pembeli dengan menyajikan beragam olahan ketiga masakan itu.

Tapi, kalau Anda ingin mencari tempat makan yang menggabungkan ketiganya, datanglah ke Dapur Sedap. Letaknya persis di belakang arena gokar Lippo Karawaci, Tangerang.

Kendati baru seumur jagung, tepatnya tiga bulan, kedai ini langsung ramai diserbu pembeli. Ini

lantaran para pengunjung menyukai konsep kedai yang satu ini. Sang pemilik Sofi an Liggajaya lantas bercerita, ia mendirikan kedai ini berdasarkan pengalaman pribadinya selama tinggal di Lippo Karawaci. “Pilihan makanan di Lippo Karawaci sangat sedikit, menunya itu-itu saja,” tutur Sofi an. Maka, ia lantas memutuskan membuka kedai yang menunya lebih variatif dibandingkan dengan kedai lainnya.

Tentu saja, percuma membikin konsep bagus kalau menu makannya tak mendukung. Maka, Dapur Sedap menyajikan sebuah menu andalan: kerapu tim asam pedas.

Ia memilih kerapu lantaran ikan ini memiliki rasa yang begitu enak. Kerapu juga mengandung vitamin, mineral, dan kaya dengan zat hara. Zat ini, ehm…, dapat meningkatkan vitalitas seksual.

Rasa asam yang muncul di menu kerapu itu bukan dating dari semprotan cuka, melainkan berasal dari buah plum. “Menu ini sehat dikonsumsi untuk mereka yang memiliki penyakit mag atau lambung, karena kita menggunakan buah plum untuk membuat asam pada makanannya,” ungkap Farida, istri Sofi an. Untuk menjaga menu ini tetap panas, tersedia kompor mini yang berbahan baker spiritus.

Selain kerapu, Anda bisa juga menjajal kepiting lada hitam. Rasanya pedas manis dan sangat cocok di malam hari. Kemudian, ada juga kangkung hotplate seafood yang tak kalah sedapnya.

Bagi Anda yang menggemari makanan pedas, cobalah menu kerang tahu tauco pedas. “Memang, menu ini salah satu favorit bagi mereka yang suka makanan pedas,” terang Farida. .

Anda juga bisa menyeruput sop seafood kelapa muda. Umumnya, sop itu tersaji dalam sebuah mangkuk. Nah, sop ala Dapur Sedap ini berada dalam sebuah kelapa muda asli yang masih berbentuk bundar. Soal rasa, so pasti sangat menyegarkan, aroma yang keluar dari sop ini sangatlah menggugah selera. Perpaduan antara sop seafood dan kelapa muda membuat rasa lapar sirna begitu menyantapnya.

Menjaga mutu dan mengevaluasi menu

Untuk bahan baku, Farida mengaku mudah memperolehnya. “Kalau ikan biasanya ada supplier yang datang langsung. Kadang saya juga belanja sendiri ke pasar ikan Muara Karang,” ujarnya. Untuk bumbu, ia tinggal melenggang ke pasar tradisional, maupun pasar swalayan.

Soal harga, relatif terjangkau. Hanya dengan uang Rp 55.000 Anda bisa menukar dengan satu porsi kerapu tim asam pedas. Kepiting lada hitam dibanderol dengan harga Rp 55.000 per porsi, sedangkan kerang tahu tauco pedas dan kangkung hotplate seafood masing-masing seharga Rp 17.500 dan Rp 25.000 per porsi.

Selain itu, Dapur Sedap menyediakan paket promosi. Misalnya, bila membeli satu porsi, Anda akan mendapat diskon sebesar 10%. Beli dua porsi dapat diskon 20% dan lima porsi bakal memperoleh diskon 50%. “Selebihnya kami hanya memberi diskon maksimal 50%,” ungkap Sofi an.

Agar tak bosan, secara berkala Sofi an dan Farida akan mengevaluasi semua menu yang ada di kedai ini. Jadi, apabila ada menu yang sudah tidak menarik lagi, ia mengganti dengan menu yang jauh lebih variatif.

Kendati masih baru, Dapur Sedap ini memang langsung mendapat serbuan dari pengunjung. Ketika dibuka pukul 6 sore, langsung pengunjungnya membeludak.

Dalam setiap malam, kedai ini bisa menghabiskan 50 ekor kepiting dan 80 ekor ikan kerapu. Dirata- rata, dalam semalam Dapur Sedap bisa mencetak omzet sekitar Rp 7 jutaan.

Kunci sukses bisa ngetop dalam waktu singkat dalam menjalankan bisnisnya itu lantaran Sofi an dan Farida selalu berupaya menjaga mutu makanan. Menu lezat tanpa layanan yang baik tentu percuma dan jangan harap pelanggan bakal kembali lagi. Maka, setelah berkunjung ke Dapur Sedap, jangan heran apabila nanti Anda datanglagi.

Di Dapur Sedap, selain diawaki 12 orang karyawan berseragam, Farida, sang pemilik, juga masih turun langsung untuk menyapa dan menanyakan kepuasan pengunjungnya. Ia mencoba menjalin komunikasi dan kedekatan emosional yang baik antara pemilik kedai dan pelanggan. Kalau ada yang tidak puas, ia juga bisa langsung mengetahuinya.

Anda puas? Katakan kepada teman. Tapi, kalau Anda tak puas, katakan kepada pemiliknya.

+++++
Merayu Pelanggan dengan Menu Baru

Sejatinya, kawasan de EspanaFood Corner sudah ada sejakdua tahun yang lalu. Namun, barumenunjukkan geliatnya begitu DapurSedap muncul, yang kini menjadiikon pusat jajan di Lippo Karawaciini.

Jika Anda ingin berkunjung, cobalahdatang pada hari Jumat,Sabtu, atau Minggu. Dalam tigahari di akhir pekan itu, Dapur Sedapakan menyajikan live music.Anda bisa memesan lagu ataumenyanyikannya di depan pengunjungkedai ini.

“Live music memang kita sediakanuntuk memanjakan pelanggan.Selain itu juga bisa mencairkansuasana jadi lebih akrab,” pemilikDapur Sedap Sofyan Linggajaya.

Dapur Sedap berada di ruanganterbuka. Sudah begitu, sekelilingnyaterdapat taman yang hijaudan berhiaskan lampu yang berkelap-kelip. Jadinya, tempat ini asyikuntuk bersantap sekaligus untukberkumpul dengan keluarga ataubersua dengan mitra bisnis.

Dengan kesuksesan yang diraihdalam waktu singkat, Dapur Sedapberupaya terus mempertahankannya.“Kami sangat menghargaimasukan dan keluhan dari pelanggan,”ujar tambah Farida.

Ia lalu bercerita pernah kenasemprot salah satu pelanggannya.Waktu itu si pelanggan marah-marahlantaran ia tak kunjung dilayani.“Waktu itu suasananya sangatramai dan kami semua kelabakan,”papar Farida.

Akhirnya, Farida menghampiri sipelanggan dan merayunya dengansebuah menu khusus yang baruakan muncul di bulan berikutnya.Dan, menu khusus itu gratis. Bagaiapi tersiram air, akhirnya sang pelangganitu luluh dan bahkan memintamaaf.

Sampai sekarang, ia menjadisalah satu pelanggan tetap, bahkanmenjadi tester bila ada resepbaru yang akan keluar di DapurSedap. “Saya bersyukur, kejadiantersebut langsung selesai dan pelangganmerasa puas,” kenangnyadengan mata berbinar-binar.

Dapur Sedap
de’Espana Food Corner
Jl. Kalimantan Raya Lippo
Karawaci. Telp. 70470407

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s