Perut Kenyang, Mata Segar, Kuping Nyaman

Sajian makanan dari bebek memang mudah Anda temukan di seantero Jakarta. Entahitu di pinggir jalan, hingga kelas restoran mewah dengan nama berbau asing.

Di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, yang sekarang menjadi tempat nongkrong baru, berdiri Restoran Bebek Ginyo. Bagi Anda para penggemar kuliner bebek, tentu paham kalau hidangan bebek tidak diolah dengan baik akan menimbulkan bau yang amis.

Di Bebek Ginyo, selain tidak amis, Anda masih mendapatkan aroma bumbu dan saus kaldu hijau yang begitu harum. Dagingnya pun terasa empuk dan gurih. Mantap banget buat disantap.

Kedai ini menawarkan tempat yang nyaman dengan suasana kuno (vintage). Anak sekarang menyebutnya dengan istilah jadul. Coba lihat saja dinding-dindingnya penuh dengan lukisan tua. Kemudian di salah satu sudut restoran terdapat telepon antik dan pemutar alat musik untuk piringan hitam.

Tak cukup sampai di situ. Meja dan kursinya juga bertema tempo dulu. Tapi tenang, alunan musiknya bukan lagu-lagu klasik, kok. Melainkan lagu-lagu yang ngetop saat ini.

General Manager Bebek Ginyo, Gabriel Winarto, menjelaskan konsep ini sengaja dibuat agar pengunjung merasa fresh dan menciptakan suasana yang berbeda dengan kondisi Jakarta yang acakadut.

Untuk lukisan, Winarto mengaku mendapatkannya dari berburu di internet dan para kolektor. Winarto mengaku ide seperti itu ia peroleh dari referensi-referensi restoran bebek yang ada di Surabaya, Klaten, dan Yogyakarta.

Tadinya, konsep Bebek Ginyo adalah restoran kecil yang sederhana. Namun, melihat pengunjungnya yang membeludak, Bebek Ginyo kini sudah berkembang lebih besar.

Kendati baru berdiri selama dua bulan, dalam sehari Bebek Ginyo bisa menghabiskan 250 sampai dengan 300 ekor bebek. Sedangkan pengunjung yang datang dalam sehari antara 500 sampai dengan 800 orang. Nah, jika akhir pekan, jumlah pengunjung bisa membludak hingga 1.000 orang! Luar biasa bagi restoran yang baru buka 5 Mei lalu.

Menyediakan menu selain bebek

Rahasia kenapa kedai ini cepat ramai, karena Winarto mencari orang yang bisa mengolah bebek dan mengembangkan menu nasi bebek yang rasanya pas dengan lidah orang Indonesia. Maka, tersajilah lima jenis hidangan bebek andalan di Bebek Ginyo. Bebek goreng, bebek bakar, bebek balado, bebek sambal hijau, dan bebek kremes tersedia di sini.

Olahan daging bebek ini memiliki keunggulan. Coba Anda iris lalu gigit dagingnya yang begitu empuk. Anda bakal menjumpai rasa gurih dan aroma bumbunya yang harum.

Bagi Anda yang kurang menyukai daging bebek, restoran ini juga menyediakan aneka hidangan ikan patin. Misalnya, patin goreng, patin bakar, patin balado, patin asam pedas, dan pindang patin.

Untuk minuman, Bebek Ginyo menyediakan aneka jus dan minuman ringan. Selain itu, Winarto juga menyediakan menu minuman tambahan yang khas, seperti wedang jahe dan sekoteng.

Bebek Ginyo pun melakukan terobosan baru dengan menyajikan menu makanan pepes bebek.

Menurut Winarto, menu pepes bebek belum pernah ada di restoran bebek lain. Ini murni merupakan hasil pengembangan Bebek Ginyo. Ternyata, banyak, lo, pelanggan yang menyukainya.

Restoran ini mengusung konsep prasmanan. Dengan begitu, pengunjung dengan bebas bisa memilih sesuai selera mereka. Winarto memilih konsep ini karena operasionalnya lebih mudah. Selain itu, pengunjung bisa memilih dan langsung melihat bentuknya.

Selain rasanya yang lezat, harga makanan di Bebek Ginyo relatif terjangkau. Untuk bebek goreng harganya Rp 11.000 per porsi dan bebek bakar Rp 12.000.

Untuk bebek balado, bebek sambal hijau, dan bebek kremes bisa Anda santap dengan menukarkan duit Rp 13.000. Untuk menu patin, patin bakar dihargai Rp 12.000. Patin goreng, patin balado, patin asam pedas, dan pindang patin harganya Rp 11.000 seporsi. Bebek Ginyo buka dari jam 11 pagi sampai 10 malam.

Untuk bahan baku, restoran ini bekerjasama dengan pemasok yang mendatangkan bebek langsung dari Karawang. Namun, sebenarnya, kata Winarto, sekarang bebek sudah banyak dijumpai di pasar-pasar khusus di Jakarta. Jadi, selama ini ia tidak pernah kesulitan untuk mendapatkan bahan baku.

Ada 20 orang karyawan yang mendukung Bebek Ginyo. Jelas, layanan adalah nomor satu, selain rasa, tentunya. Selain memperhatikan kualitas olahannya, Bebek Ginyo juga menampung segala keluhan yang datang. Ke depan, Bebek Ginyo akan terus melakukan pengembangan, termasuk membuka cabang.

Nyok, sambangi Bebek Ginyo. Mau bakar, goreng, kremes, pepes, atau balado?

+++++
Memadukan Kelezatan, Kenyamanan, dan Pemandangan

Agak aneh di kuping ketika mendengar nama Ginyo. Ternyata, itu adalah nama seorang kakek di Yogyakarta. Ia tak lain adalah kakek dari Martin, salah seorang pemilik Bebek Ginyo.

Lalu, apa rahasia sukses Bebek Ginyo sehingga hanya dalam dua bulan sudah mampu memikat banyak pembeli? General Manager Bebek Ginyo, Gabriel Winarto, menjelaskan bahwa selama ini pihaknya tidak pernah melakukan promosi secara gede-gedean. ”Kita hanya promosi dari mulut ke mulut saja,” ungkapnya.

Winarto menambahkan, lokasi yang strategis dan tempat yang nyaman, serta pelayanan dan hidangan berkualitas membuat Restoran Bebek Ginyo banyak disambangi pengunjung. Kawasan Tebet Jakarta Selatan kini memang menjadi tempat nongkrong baru. Sambil makan, Anda bisa memandangi cewek-cewek ABG dengan beragam gayanya.

Di sekitar restoran Bebek Ginyo kini terdapat distro-distro. Sehabis lelah mencari pakaian yang cocok, biasanya pengunjung mampir keBebek Ginyo.

Winarto mengakui, saat ini persaingan usaha kuliner memang sangat ketat sekali. Toh, dia yakin dengan pelayanan yang baik dan lokasinya yang strategis Bebek Ginyo akan dapat bersaing dengan restoran lainnya yang ada di Tebet maupun di Jakarta.

Selain itu, Bebek Ginyo juga terus berbenah diri dengan memperhatikan setiap keluhan yang datang dari pelanggan. Restoran ini juga tetap memantau referensi dari restoran bebek yang ada. Ini dilakukan untuk lebih mengembangkan Bebek Ginyo.

“Seiring berjalannya waktu, kita akan terus melakukan evaluasi untuk meningkatkan mutu, baik dari segi hidangan maupun pelayanan,” ujar Winarto. Banyak restoran bebek yang enak, tapi sedikit yang memadukan hidangan lezat dan kenyamanan. Inilah faktor kuncisukses Bebek Ginyo.

Restoran Bebek Ginyo
Jalan Tebet Dalam No. 12
Jakarta Selatan,
Buka pukul 11.00-22.00

2 responses to “Perut Kenyang, Mata Segar, Kuping Nyaman

  1. gambarnya mana…???
    postingan kuliner tanpa gambar..HAMBARRR..!!!

  2. kenapa sih kalo makan di Ginyo kok rasa nya hari ini terasa empuk besok alot jadi ga stabil empuk terus………………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s