Mari, Makan-Makan di Negeri Stroberi

Suasana merah stroberi sudah terasa begitu menginjakkan kaki di kedai ini. Pohon stroberi asli maupun pajangan seolah mengulurkan tangan menyambut kedatangan para pengunjung.

Sapukan pandangan ke ruangan kafe ini. Anda bakal menemukan gambar buah stroberi dalam berbagai pose di pojok-pojok ruangan. Lantas, saatnya pilih makanan, eh, buku menunya lagi-lagi berbentuk stroberi.

Memang, menyambangi Strawberry Cafe di bilangan Tanjung Duren, Jakarta Barat, ibarat memasuki negeri stroberi. Mari kita tengok menunya.

Ada nasi goreng stroberi yang berwarna merah menyala. Jangan berpikir nasi goreng ini akan terasa manis. Rasanya tetap seperti nasi goreng pada umumnya. Meski, ada sedikit rasa asam, manis, dan pedas sekaligus.

Bagi pencinta spageti, Anda bakal menemukan mi berwarna merah. Sausnya berasal dari stroberi segar.

Ada lagi strawberry chocolate fl ambe. Penganan ini berasal dari buah stroberi utuh plus cokelat. Pengolahannya sangat unik.

Terlebih dahulu deretan stroberi dan cokelat parut diletakkan di antara dua gelas saji. Selanjutnya, di atas cokelat tersebut ditambah guyuran rum yang telah dibakar. Jadi, cokelat yang menetes mengenai stroberi akan terlihat laksana air mancur.

Untuk minuman, ada 130 macam jus. Yang unik, penyajian jus ini menggunakan gelas khusus yang di bagian bawahnya terdapat ikan hidup atau batu menyala. Jangan takut Anda tersedak batu atau menghirup air tempat ikan berenang, karena gelasnya khusus.

Sebenarnya, ada dua gelas yang dijadikan satu, sehingga tidak akan tercampur.

Selain makan dan minum, Strawberry Cafe juga menyediakan berbagai games. “Di sini ada 150 games, dan selalu baru setiap pekan,” ujar pemilik Strawberry Cafe Putra Priadi. Menurut Putra, tadinya games di kafe tersebut hanya congklak.

Lalu, berkembang menjadi permainan kartu. Dan, sekarang mayoritas merupakan permainan impor. Selain itu, kafe ini juga menyediakan berbagai suvenir serba-stroberi.

Kafe ini buka setiap setiap hari dari pukul 12 siang sampai jam 3 pagi. Dalam sehari, kafe ini bisa menghabiskan 15 kg sampai 20 kg buah stroberi. “Pengunjung yang datang 500 sampai 600 orang setiap hari. Di akhir pekan bahkan sampai harus waiting list,” kata Putra. Biasanya per orang menghabiskan duit Rp 25.000 di kafe unik ini.

Untuk bahan baku, Putra tak perlu khawatir. Maklum, ia memiliki kebun stroberi di kawasan Puncak, Jawa Barat. Demi pengembangan restorannya, Putra terus berusaha menciptakan berbagai menu lain dari stroberi.

Tenang, tersedia juga menu selain stroberiBagi Anda yang tidak menyukai buah stroberi, jangan khawatir.

Kalau memang tidak doyan aroma buah manis-manis asam ini, di sini juga menyediakan steak tenderloin, chicken gordon blue, pasta, dan grill. Tenang, semuanya steril dari stroberi, kok.

Putra menggambarkan kiat suksesnya di bisnis ini adalah tampil beda. Dia menyediakan menu serba-stroberi, tapi juga menyajikan menu non-stroberi.

Putra mengaku mendapatkan konsep ini berdasarkan inspirasi dan percobaan yang ia buat sendiri.

“Saya tidak mau meniru-niru orang lain,” kata dia. Bahkan, menurutnya, Strawberry Cafe merupakan kafe yang memelopori menu serba-stroberi.

Ia melihat sejauh ini belum ada komplain yang serius dari para pengunjung. Paling, terkadang pengunjung hanya sekadar mempermasalahkan tempatnya saja yang terlalu kecil. Maklum, kafe ini hanya berkapasitas 130 pengunjung.

“Kita gedein tempat ini juga susah,” ucap Putra. Tapi, ke depan, ia berencana memperluas kafe yang mempekerjakan 20-an orang karyawan ini.

Selain itu, Putra juga berancang- ancang untuk membuka cabang di kawasan Jakarta Selatan. Ke depan, ia juga berencana ingin mewaralabakan kafe miliknya.

Putra sadar, persaingan tempat makan makin hari makin ketat. Termasuk juga kedai yang menggunakan bahan dasar dari buah stroberi.

Namun, ia tak merasa khawatir. “Saya kan merupakan salah satu pelopor kuliner berbahan dasar stroberi,” ucapnya.

Tentu saja tak cuma menang nama. Putra tetap menomorsatukan kualitas. “Saya pastikan semua stroberi di sini segar, langsung dari Puncak,” ujar dia.

Nah, Anda berniat sowan ke kerajaan stroberi ini?

+++++
Serabi Pesanan Presiden

Salah satu hidangan Strawberry Cafe yang unik dan menjadi andalan adalah serabi istana presiden. Selain bentuknya yang unik, rasanya pun beraneka ragam.

Kafe yang berdiri sejak tahun 2003 ini menyediakan 30 jenis serabi yang sebagian besar dengan bahan dasar stroberi.

Nama serabi istana presiden muncul lantaran seringnya pihak Istana Kepresidenan memesan makanan ke kafe tersebut. Putra Priadi, pemilik Strawberry Cafe, menceritakan awal masuk serabinya bermula pada zaman Megawati menjadi presiden.

Waktu itu, pihak Istana memintanya membawa seluruh 30 jenis serabi, masing-masing dua porsi. Tujuannya untuk pengetesan di laboratorium Istana untuk menentukan mana yang paling enak.

Pihak Istana biasanya memesan serabi buat acara 17 Agustus. “Pada Hari Kemerdekaan mendatang, saya sudah dapat order dari Istana,” kata Putra, tersenyum.

Serabi ini dimasak dengan tungku bakar dari kayu, dan ada tanah liatnya, “Jadi, makanan cita rasa Indonesia, tapi resepnya internasional,” cetusnya.

Strawberry Cafe
Jl. Tanjung Duren Barat III No.1
Jakarta Barat
Telp. (021) 56962880
Buka: 12.00-03.00

2 responses to “Mari, Makan-Makan di Negeri Stroberi

  1. hei strawberry cafe, wah senangnya bisa tau ada cafe kaya gini. tapi blum pernah kesana. sekarang masih ada khan ya??kira2 di cafe ini pengunjung yang paling banyak adanya jam brapa yah??trus jam brapa juga yang kira2 senggang?? jadi klo bawa komunitas biar bisa kumpul smua.makasi

  2. hy..cAfe stroberri..
    kPn n!i bk cAbang d bEKasi..
    PasTi bkL jd TmpT hangout yg Asik..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s