Servis Udang ala Bengkel

Kolam pemancingan lazimnya ada di luar kota. Tapi, kolam pemancingan yang satu ini justru terletak di tengah kemacetan ibu kota. Tepatnya di Jalan Hasyim Ashari, Roxy, Jakarta. Meski berada dalam kemacetan metropolitan, kolam pemancingan itu tak sepi dari pengunjung.

Kolam tempat mancing itu namanya Bengkel Seafood. Itu bukan sekadar nama, melainkan karena lokasi kolam itu betul-betul menyerupai bengkel. Sang pemilik, Lu Hsueh Chi dan Chen, rupanya sengaja tidak melakukan renovasi total pada bekas bengkel yang mereka pilih. Sebenarnya kolam pemancingan ini sudah berumur satu setengah tahun. “Memang lokasi kami kurang menonjol, karena tidak begitu tampak dari jalan besar,” lanjutnya.

Ada dua kolam pemancingan berisi udang galah siap pancing. Salah satunya berisi dua jengkal air, sehingga puluhan udang di dalamnya tampak dengan jelas. Kolam dangkal ini biasanya menjadi serbuan pancing anak-anak. Ongkos memancing di sini Rp 6.000 per jam. Pemancing mendapat pinjaman pancing, sekaligus umpan.

Usai memancing, mereka akan menimbang berat udang yang didapat. Harga udang hasil pancingan Rp 65.000/kg. Jika Anda malas memancing, minta saja udang galah serokan yang disediakan. Satu kilogramnya dipatok Rp 80.000/kg.

Layaknya pemancingan air tawar, di tempat tersebut juga terdapat dapur dan tempat bersantap. Ada dua bagian ruang makan, satu ber-AC dan dilengkapi hiburan karaoke dengan kapasitas 24 kursi. Bagian lain dipenuhi 10 meja dan 40 kursi. Dapurnya diperkuat oleh dua koki yang akan memasak hasil pancingan udang pengunjung. Ongkos masaknya Rp 10.000 seporsi.

Menurut sang juru masak, Eric Bun, menu terfavorit pelanggan Bengkel Seafood adalah udang galah goreng mentega. Tapi, boleh juga kalau mencoba pilihan lain, seperti udang galah saus tiram atau udang tim arak. Satu kilogram udang hasil pancingan akan dimasak menjadi dua porsi sajian.

Lebih suka ngemil udang

Olahan udang goreng mentega yang utuh dengan cangkangnya ini memang mengundang air liur. Kunyah dulu, rasakan aroma mentega yang merasuk hingga ke hidung. Jika suka pedas, cocol saja dengan sambal kecap atau sambal terasi. Udang goreng yang renyah tentu ada rahasianya. Mereka merendam dulu udang bersama air jeruk nipis, agar cepat kering jika digoreng. Usai digoreng kering, barulah diolah bersama bumbu-bumbunya.

Sebenarnya, udang bukanlah satu-satu menu di Bengkel Seafood. Dalam daftar tersedia pula berbagai olahan ikan, kepiting, kerang, dan cumi. Hanya, udang galah ala Bengkel menjadi populer karena bisa diperoleh dari memancing sendiri. Kata Eric, para pengunjung Bengkel juga menyukai kepiting lada hitam, cumi goreng tepung, dan kerang hijau saus padang.

Harga hidangan laut di sini tak beda jauh dengan tempat lain. Semua olahan udang Rp 45.000. Masakan kepiting Rp 55.000, kecuali kepiting telur yang dipatok Rp 70.000 seporsi. Sajian ikan dibanderol antara Rp 25.000 hingga Rp 45.000 seporsi.

Di hari-hari biasa, Bengkel Seafood tidak penuh sesak. Namun, sepanjang akhir pekan, jangan harap bisa bersantap dengan leluasa di restoran yang buka dari pukul 11.00 hingga pukul 23.00 ini.

Saat begini, Bengkel Seafood bisa menjual sampai 80 kg udang galah. “Kalau hari biasa paling cuma 20 kg-30 kg,” jelas Eric, koki asli Medan yang pernah menjadi juru masak di Malaysia, Singapura, Hongkong, dan Taiwan. Udang galah itu mereka beli dari daerah Ciamis dan Cianjur. Biasanya mereka langsung memborong 150 kg untuk ditaruh di kolam pancing dan kolam pemeliharaan. Kendati bisa menghabiskan sampai 80 kg udang sehari, kebutuhan beras Bengkel Seafood tak lebih dari 15 kg seminggu. “Kebanyakan pembeli cuma mengemil udangnya,” ujar Eric lagi.

Melatih Kesabaran

Berburu udang galah, lazim dilakukan di sungai. Cara mengambil udangnya beragam. Bisa menggunakan bubu atau dipancing layaknya memancing ikan. Memancing udang memerlukan kesabaran. Pemancing harus mengamati pelampung di permukaan air. Jika pelan-pelan tenggelam, berarti ada udang yang sedang menikmati umpan di kail. Nah, si pemancing harus menarik senarnya perlahan-lahan, bukan disentak seperti ketika memancing ikan. Udang pun akan terangkat bersama tali pancing.
 

3 responses to “Servis Udang ala Bengkel

  1. Hi there,
    bisa kasih tahu alamat lengkapnya spt no. atau kalau tidak bisa, bisa kasih tahu posisi di roxy tempatnya dekat mana.

    Thanks.

  2. waduh menarik skali..trimaksih.RBR

  3. kan yang di roxi udah tutup dari kapan-kapan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s