Sayangan, Muntilan

p1070221.JPG

 sayangan, muntilan.

jika kalian berada di muntilan, jangan lupa mampir ke kawasan sayangan. eits, ini bukan tempat buat bersayang-sayangan, lo. namanya memang begitu. di kawasan ini, terdapat lebih dari lima belas pedagang makanan. mereka menjajakan makanan yang beragam dari ujung sana hingga sini di kawasan sayangan. mulai dari menu makanan ramesan ala masakan rumah, sate ayam, seafood, nasi goreng, bakso, kupat tahu, goreng-gorengan.

satu kedai yang saya wajib datangi adalah kupat tahu sayangan. bila dari arah jalan utama atau jalan pemuda, kupat tahu ini jaraknya sekitar 25 meter dari kelokan atau pertigaan jalan. warna gerobaknya hijau, dengan penutup di kanan-kiri yang berwarna hijau juga. konon, kedai kupat tahu ini sudah puluhan tahun lamanya. dus, kupat tahu sayangan ini cukup legendaris.

 p1070211.JPG p1070214.JPG

setiap hari, kedai ini bisa menjual sekitar 350 iris tahu yang dipotong besar-besar dan digoreng. umumnya, setiap porsi hanya membutuhkan 1 iris tahu saja. maklum, ukurannya besar. tahu ini nggak beli di pasar lo, tapi bikin sendiri.

coba, datang dan pesanlah. makanan ini disajikan untuk pengunjungnya dalam kondisi yang masih segar alias baru. tahunya baru digoreng. olahan kecap, bawang putih, kacang dan lomboknya pun dibikin on the spot alias langsung di atas piring masing-masing pembeli. jadi, mau beli satu porsi dengan lombok 5 buah dan 12 buah pun akan diracikkan satu per satu karena bumbunya di olah di setiap piring (tidak dibikin massal).

satu porsi itu isinya buanyak dan penuh. diantaranya ada tahu, taoge, kobis, irisan ketupat. rasanya? uhm … tahu yang kenyal dan hangat membuat kupat tahu ini sempurna. saus cokelat dari kecap pun tak terlalu manis dan pekat. kesimpulannya: rasaya bikin nagih deh.

ganti rugi untuk satu porsi kupat tahu ini adalah Rp 2.500. harganya cukup ajaib dengan ramuan kupat tahu yang two thumbs up.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s