Kamus Makanan

sebenernya memang agak kurang tepat untuk menyebutnya sebagai ‘kamus’. rasanya, yang namanya kamus itu mesti komplit sekomplit-komplitnya. tapi, saya sendiri nggak yakin bahwa yang saya tulis dibawah ini mampu menjawab semua rasa penasaran kalian soal beragam jenis makanan.

ah, yang penting, ada bacaan dan referensi ya. mmm … tapi saya akan mengisinya pelan-pelan. dus, nggak semuanya saya tumpahkan sekaligus. hemat energi, ‘bo! :)

BERAGAM NASI

Nasi Gudeg Ini sih nasi dari tanah kelahiran saya. khas jogjakarta. nasi gudg ini terdiri dari nasi putih, gudeg nangka, opor aya, atau tahu, telur rebus, sambal gireng krecek, diguyuri dengan areh dengan sambak trasi atau sambal bajak.

Nasi Megono Ini nasi khas pekalongan, jawa tengah. isinya nasi putih dengan urap sayuran dari nangka muda yang direbus dan dicacah mungil. urap ini disebut megono. lauk lainnya, ada ikan asin goreng yang dibaluri dengan terigu tipis, ayam goreng dan krupuk. nasi megono bisasa disajikan untuk selamatan.

Nasi Ulam Yang ini khas betawi banget dengan diintervensi oleh budaya china. ada dua varian nasi ulam, yaitu nasi ulam basah dan kering. nasi ulam basah, terdiri dari nasi yang disiram semur kentang atau tahu atau telur dan diramu bersama lauk yang lain, seperti bihun goreng, telur dadar iris, tempe goreng, perkedel kentang, cumi asin groreng, denndeng sapi goreng yang dilengkapi dengan mentimun iris nan segar serta daun kemangi. masih ada lagi, yaitu bawang goreng, sambal dan taburan kacang tanah tumbuk. sedangkan nasi ulam kering berupa nasi putih yang ditumis dengan bawang merah, serai, kunyit parut, jinten, trasi, garam, gula pasir. ini diaduk bersama dengan bubuk poyah  atau kelapa parut yang disangrai hingga kering dan harum, lalu ditumbuk halus dan berminyak. setelah matang, nasi ulam ditaburi kelapa sangrai berbumbu pedas. disebut juga sebagai ‘saur’. dan bawang merah goreng. kalau mau komplit, bisa ditambahkan udang goreng, teri asin goreng dan irisan tipis telur dadar, mentimun dan daun kemangi segar.  

Nasi Timbel Ini khas Jawa Barat, nasi dibungkus daun pisang berbentuk gulungan, lebijh besar dari lontong. lauknya mulai dari empal, ikan, lalapan dan sambal.

Nasi Liwet Ini asli Solo. nasinya gurih, dengan ayam opor putih suwir, sambal goreng labu jipang, sambal goreng kreni (sambal goreng printil dari daging cincang dibentuk sebesar kelereng, dadar kukus, telur pindang. ini semua disiram areh gurih, disajikan dengan krupuk rambak atau krupuk kulit.

Nasi Padang Ini nasi khas Padang. lauknya beragam, mulai dari daging sapi, ayam, lele dll. eh, tapi jangan samakan nasi padang ini dengan nasi kapau ya. beda atuh.

Nasi Uduk ini khas Betawi. biasanya nasi uduk dimasak dengan santan. tapi nasi uduk dari tanah abang dimasak dengan santan dan rempah yang terdiri atas jahe, kayu manis, salam, serai dan biji pala. lauknya misalnya bawang merah dan sambal kacang, dengan acar mentimun kol yang segar. kalau mau lebih komplit, bisa ditambah dengan ayam goreng, empal, paru, udang goreng, tempe atau tahu, mentimun, kemangi.

Nasi Pecel Madiun ini khas Madiun. pecelnya terdiri dari rebusan sayuran yang disiram dengan saus kacang. ada peyek teri atau kacang, ditaburi petai cina. lauk lainnya bisa dipilih, seperti empal. ayam, dendeng, tempe, dll.

Nasi Biryani Ini khas India. nasi dan daging sapi atau kambing dimasak dalam bumbu rempah komplet, termasuk garam masala dan daun mint.

Nasi Kebuli ini nasi khas Timur Tengah. ini memakai beras jenis basmati, beras berbulir panjang dari India dengan aroma, rasa dan tekstur yang India banget. nasi kebuli dimasak dalam bumbu rempah yang jumlahnya bisa mencapai 18 jenis bumbu. ini dimasak dengan minyak samin dan disajikan dengan lauk daging kambing maupun sapi.

Nasi Krawu ini nasi khas Gresik. nasi putih dengan lauk tiga jenis srundeng yaitu yang warnanya putih, merah oranye dan kecoklatan. lauknya daging suwir dan sambal trasi yang pedas.

Nasi Kapau ini dari Sumatera Barat. ini nasi rames, dengan gula nangka yang merupakan ciri khas nasi kapau (gulai yang diperkaya dengan kol dan kacang panjang), gulai ikan, gulai usus, dan sambal hijau.

Nasi Langgi ini nasi khas Cirebon. nasinya dibubuhi srundeng, sambal goreng ati, kering tempe, sambal, telur dadar iris, ayam opor suwir, timun dan kemangi.

Nasi Rames rasanya ini adalah nasi nasional. isinya hanya nasi putih atau nasi gurih dengan sejumlah lauk. biasanya sih dua sampai tiga jenis lauk.

Nasi Bogana ini nasi putih gurih dengan sambal goreng ati, daging terik, ayam opor, telur pindang dan srundeng.

Nasi Madura ini khas Madura. isinya adalah nasi dengan daging dan tongkol pedas, telur putih, srundeng, kering kentang dan sambal mangga muda.

Nasi Kuning nasi ini berwarna kuning arena dimasak dalam santan dan kunyit. nasi kuning ini biasanya dimasak untuk nasi tumpeng.

Nasi Campur Bali ini nasi dari Bali, jenis nasi yang paling saya suka. nasi ini nasi putih dengan sate lilit, lawar, ayam bumbu bali, srundeng daging, ayam pelalah dan sambal serai. yummy!

ANEKA SATE

Sate pusut atau sate lilit ini khas Bali, Lombok dan Nusa Tengara Barat. sate ini dibikin dari adonan daging atau ikan atau ayam cincang. kalau di bali, aslinya dibikin dari daging penyu cincang. tapi sekarang dibikin dari sapi cincang atau tengiri cincang.

Sate Maranggi ini khas Jogja. sate daging sapi bentuknya dadu, dibumbui bawang merah dan ketumbar. disantap dengan saus kecap berbumbu bawang dan ketumbar.

Sate Padang aslinya dari sumatra barat. isinya sate jerohan sapi, misalnya lidah, jantung, usus, dan babat. bahan-bahan ini dimasak dalam kaldu berbumbu rempah. makannya dengan ketupat dan sisa kaldu yang dikentalkan dengan tepung beras.

Sate Ayam Madura dari  Jawa Timur. bumbunya kacang dan kemiri rebus dengan sedikit lemak ayam. saat disajikan, biasanya ditaburi dengan irisan bawang merah mentah, bawang merah goreng dan saus bumbu kacang.

Sate Bali jelas dari Bali. ini dibikin dari sate daging sapi has dalam diiris kecil dan diremas bumbu ketumbar, minyak, dan air asam jawa.

Sate Buntel asli Banten, tapi kental dipengaruhi arab. sate ini dibikin dari daging kambing cincang yang berbumbu rempah berbentuk bola-bola yang dibungkus lemak kambing mirip jala. sate ini dibuntel dengan daun pisang dan dibakar matang.

Sate Lilit Bali dibikin dari daging sapi cincang yang dibumbui pedas, dikepalkan pada tangkai daun kelapa seukuran tusuk sate sambil ditekan agar padattt.

Sate Lalat eh, ini bukan dari lalat lo. tapi dari daging kambing yang diiris mungil menyerupai lalat. sate yang matang langsung bisa dinikmati dengan bumbu kecap.

PER-SOTO-AN

jaman baheula saat Indonesia dijajah Belanda, seorang contrleur Belanda mencoba shidangan berkuah di Bandung. saking enaknya, dia berteriak sembari mengacungkan jempol: Zo Toch! Nah, pemilik warung itu mendengarnya lalu meniru ucapan itu dan menamainya dengan ‘Soto bandung’

Soto Padang dari Sumatera Barat. soto ini berkuah bening dan berbumbu rempah. isinya daging goreng, perkedel kentang, suun. yang membuatnya ‘padang banget’ adalah taburan krupuk sagu merah.

Soto Sulung ini dari Jawa Timur. soto daging dan jerohan sapi, kuahnya bening banget.

Soto Madura ini berasal dari daging dan jeroan sapi dengan suun, berkuah bening atau bening kekuningan.

Soto Mi Jakarta ini isinya daging iris, mi kuning atau bihun, kol, tomat, risoles dan kuahnya bening.

Soto Kudus ini kuahnya bening dengan isi ayam suwir, toge, kucai, bawang goreng, sambal taoco atau sambal kecap.

Soto Ambengan ini asalnya dari Surabaya. kuahnya bening dengan aroma serai, daun jeruk, jahe, lengkuas. isinya ayam suwir, suun, kol yang diiris halus, daun bawang dengan krupuk udang tumbuk.

Soto Bandung ini kuahnya bening dari kaldu daging sandung lamur. yang khas adalah lobak iris. pelengkap yang ga boleh ketinggalan adalah kacang kedelai putih goreng.

Soto Banjar  ini dari kalimantan selatan.

14 responses to “Kamus Makanan

  1. makanan kamusnya kurang lengkap sudah begitu sama sekali tidak mnarik dan bermutu…
    Karena tidak ada gambarnya yang menarik dan lezat…
    So, just 4 words for you…
    I hate your recipes…………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!(“,)

  2. Sebaiknya anda belajar lebih dahulu sebelum memberikan resep!!!??kARENA RESEP ANDA SAMA SEKALI TIDAK ENAK…CHUUUU…..
    Saya sarankan untuk membuat resep yang bahannya murah dan gampang dibuat?!?!
    Jadi,jangan pernah coba-coba buat resep-resep yang aneh-aneh…….

  3. resep? hihihihi … kayaknya disana nggak ada resep deh. saya juga ga bilang kalo itu resep. lha wong saya juga bukan pakar kuliner je. saya ini cuma wartawan, mas. :P jadi kalo anda protes, kayaknya salah alamt deh. dan sebaiknya anda membaca dulu yang diatas itu, jadi biar nggak asal njeplakkkkk … :P

  4. yg buat komentar negatif itu mungkin ga lulus pelajaran membaca x ya…hehehe….

    tapi salut ama web kamu loh…banyak yg bisa dipelajari…lanjut terus, pantang mundur…

  5. Kurang lengkap sotonya! Tambah lagi dong, soto kemiri khas Pati. Disebut demikian bukan lantaran ada bahan kemirinya, melainkan dari Desa Kemiri. Hummm, lezat…

  6. kasih tau donk cara ngasih nama buat suatu makanan….

  7. saya orang jogja mba…dan di jogja sampai saat ini balum ada satupun warung yang berjualan sate maranggi..setahu saya sate maranggi ada di wilayah jawa barat, lewat google banyak disampaikan bahwa sate ini banyak dijajakan di purwakarta, cianjur, karawang…dll..monggo di-cek kembali, supaya tidak menyesatkan. jangan sampai ada yang seloroh nanti sate maranggi asli JOHOR!

  8. hi… salam kenal
    maaf saya tertarik dgn design pecel solo, gerabah, botol dan lodhongnya cari dmn ya?
    thx, sukses Selalu!

  9. mba,, garang asem itu apa yah??
    thx

  10. saya mau tanya, apakah bahan makanan Dektrosa monohidrat, Tepung modifikasi, Natrium dikarbonat, Terisa fanila, Bubuk whe, Bubuk susu skim dan Pewarna makanan karamel aman untuk dikomsumsi dalam jangka pendek maupun jangka panjang?
    Terima kasih atas jawabannya.

  11. gw cukup seneng baca artikel di atas. banyak kasih info. tapi kalo sate maranggi emang dari jawa baratan deh, yang terkenal di cibungur keluar tol cikampek. tapi di daerah bandung juga ada.

  12. lha kok jadi resep? marah2 gara2 nyari resep? salah alamat tu kayanya nggragas ma rakus boy (btw kayanya yang buat sama ya orangnya sok2 dibedain?) btw, bagus ini infonya

  13. Dengan hormat,
    Bagaimana caranya supaya saya bisa menulis di wordpress.com mengenai kedai saya.
    terima kasih

  14. mbak, kok sate kelinci gak ada? padahal aku suka banget makan sate kelinci. dulu di jl.kalimalang bekasi dekat metropolitan mall ada warung sate kelinci dan dagingnya gede-gede. tiap minggu aku pasti makan disana dan selalu sepi pengunjung.akhirnya tutup. terus mutar-mutar ketemu warung sate kelinci di dekat jatiwaringin, dagingnya kecil-kecil gak enak.makan sekali kapok deh.
    kalau di lembang bandung banyak yg jual sate kelinci,tapi dagingnya kecil-kecil. males deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s